Tanpa Kenal Lelah, Tim Medis di Kerkap Terus Bergerak Tangani Covid 19

0
0
Puskesmas Lubuk Durian bersama unsur tripika, satgas kecamatan dan desa siap bekerjasama dalam penanganan covid 19 di Kecamatan Kerkap
Puskesmas Lubuk Durian bersama unsur tripika, satgas kecamatan dan desa siap bekerjasama dalam penanganan covid 19 di Kecamatan Kerkap

BENGKULU UTARA, inibengkulu.com – Upaya Dinas Kesehatan Bengkulu Utara melalui Puskesmas Lubuk Durian dalam penanganan covid 19 patut diapresiasi. Bagaimana tidak, tim medis dari puskesmas tanpa kenal lelah terus bergerak membangun sinergi dengan semua elemen dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan BU, Syamsul Maarif melalui Kepala Puskesmas Lubuk Durian, Edi Suparjo mengatakan beberapa upaya yang sudah dilakukan pihaknya dalam penanganan covid 19 diantaranya melakukan pemantauan keliling ke masyarakat bersama gugus tugas kecamatan menggunakan kendaraan ke setiap desa.

Tim medis Puskesmas Lubuk Durian selalu mengutamakan APD dalam melayani masyarakat
Tim medis Puskesmas Lubuk Durian selalu mengutamakan APD dalam melayani masyarakat

“Melalui kegiatan ini, ketika ada warga yang baru pulang dari zona merah atau pernah kontak dengan pasien positif covid 19, langsung dilakukan isolasi mandiri sesuai protokol kesehatan yang ada,” ujarnya.

Menurut Edi, ada beberapa desa yang sudah diadvokasi dan sudah menyiapkan rumah atau tempat khusus untuk isolasi. Diantaranya di Desa Serumbung, Perbo dan Kedu Baru. Dan dalam waktu dekat beberapa desa akan menyusul.

“Dari pasien yang diisolasi, ada yang mengalami gejala-gejala covid sudah dilakukan rapid test dan alhamdulillah di Kedu Baru dan Tanjung Putus semua hasilnya negatif. Khusus di Kedu Baru sudah dilakukan dua kali rapid test, terakhir tanggal 23 kemarin dan hasilnya negatif. Artinya di Kecamatan Kerkap tidak ada yang positif covid 19,” paparnya.

Melalui tim satgas yang ada di desa bekerjasama dengan pemerintahan, pihaknya juga tetap mengarahkan untuk melakukan penyuluhan. Dan kepada masyarakat juga senantiasa diimbau untuk selalu memakai masker ketika bepergian.

“Untuk masker ini, kita sudah didukung pemdes dengan menyediakan masker dan sudah dibagikan. Ini kami ikuti langsung saat diberikan pada masyarakat,” imbuhnya.

Selanjutnya disinfektan sudah dilakukan di seluruh desa dan serentak baik di pemukiman maupun kantor-kantor pemerintahan. Ke depan pihaknya tetap menjalin komitmen dan kerjasama dengan satgas kecamatan dan desa untuk menjalankan tugas dengan baik agar covid tidak menyebar.

“Kendala sejauh ini tidak ada. Untuk APD kita dapat dropping dari satgas kabupaten dan info terakhir mau di dropping lagi. Untuk yang ada sekarang sudah cukup memadai,” pungkasnya. (zie/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here