Takir Plontang, Tradisi Makan Bersama Masyarakat Tebing Kaning Memperingati 1 Muharam

0
312
Anggota DPRD BU, Dedy Syafroni dan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Tantawi Dali ketika menghadiri tradisi Takir Plontang di Desa Tebing Kaning, Senin(10/9). (foto/Mezi Aswari)
TAKIR plontang atau makan bersama sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat Desa Tebing Kaning Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Tradisi ini digelar untuk memperingati tahun baru Islam 1 Muharam. Dalam kalender Jawa disebut 1 Suro.

MEZI ASWARI, Arma Jaya ———

Kepala Suku Desa Tebing Kaning, Daud dibincangi wartawan inibengkulu.com, Senin (10/9) menjelaskan, tradisi ini merupakan hajat besar masyarakat Tebing Kaning, yang sudah menjadi tradisi turun temurun sejak dulu.

Makanan yang dibawa setiap keluarga disusun berjejer di tepi jalan tempat berlangsungnya acara.

Dalam acara ini setiap kepala keluarga diwajibkan membawa tumpeng serta berbagai macam makanan. Makanan-makanan itu disajikan di halaman terbuka yang sudah disiapkan. Makanan yang sudah tersaji ini selanjutnya didoakan setelah itu barulah disantap bersama.

“Tradisi ini bermakna sebagai ucapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat seta rezeki yang melimpah terutama rezeki yang berasal dari hasil bumi. Sekaligus mendoakan agar dijauhkan dari segala marabahaya,” terangnya.

Tradisi unik ini selain dihadiri masyarakat setempat, juga dihadiri Anggota DPRD BU dari Fraksi Merah Putih, Dedy Syafroni, S.Ip. Ketika berbincang dengan wartawan, anggota Komisi III ini berharap pemerintah daerah memberi dukungan atas tradisi ini.

Sebab selain untuk memperkuat tali silaturahmi dan kekeluargaan, acara ini juga merupakan destinasi wisata dan budaya yang harus dipertahankan dan dilestarikan.

“Saya pribadi sudah menyaksikan secara langsung acara ini dan sangat mengapresiasi upaya masyarakat Tebing Kaning untuk terus mempertahankan dan melestarikan tradisi yang sudah menjadi kearifan lokal ini. Semoga acara ini kedepanya mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah,” harapnya.

Selain Dedy Syafroni, dalam acara ini juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Tantawi Dali, serta Camat Arma Jaya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here