Pemkab Bengkulu Utara Tingkatkan Layanan Persampahan

0
0
Info grafis program pembangunan TPS3R Kabupaten Bengkulu Utara. (Foto/dok)
Info grafis program pembangunan TPS3R Kabupaten Bengkulu Utara. (Foto/dok)

Kementerian PUPR Bangun TPS3R di Desa Rama Agung

BENGKULU UTARA, inibengkulu.com – Dalam rangka meningkatkan layanan infrastruktur di Kabupaten Bengkulu Utara, Bupati Bengkulu Utara menginstruksikan agar kepala SKPD dapat memaksimalkan potensi pembiayaan pembangunan infrastruktur selain APBD.

Menindaklanjuti instruksi ini, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkulu Utara melakukan koordinasi dengan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu (BPPW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait Kegiatan Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2020.

Dari upaya ini Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara berhasil memperoleh alokasi bantuan berupa Pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) atau tempat pengelolaan sampah dengan metoda mengurangi-menggunakan kembali-daur ulang.

Pengecekan usulan lokasi TPS 3R
Pengecekan usulan lokasi TPS 3R

Kepala Bappeda Bengkulu Utara, Ir. Suharto Handayani melalui Kabid Sarana Prasarana, Metriko Haderian, ST mengungkapkan, TPS3R ini rencananya akan dibangun di wilayah Desa Rama Agung Kecamatan Arga Makmur.

Rencana Lokasi Pembangunan TPS 3R di Desa Rama Agung
Rencana Lokasi Pembangunan TPS 3R di Desa Rama Agung

Menurut Metriko, hasil pengecekan lokasi bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu (BPPW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai pelaksana kegiatan, lokasi yang berdekatan dengan TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Rama Agung diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang diproses di TPA Rama Agung.

Sosialisasi Kegiatan Pembangunan TPS 3R di Balai Desa Rama Agung
Sosialisasi Kegiatan Pembangunan TPS 3R di Balai Desa Rama Agung

“Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat melalui pengelolaan sampah yang dilakukan seperti yang dijelaskan pada saat sosialisasi yang dilaksanakan oleh tenaga fasilitator yang ditugaskan oleh BPPW Bengkulu di Balai Desa Rama Agung. Sehingga kedepannya dapat menjadi percontohan dan motivasi bagi desa lainnya dalam melakukan proses pengelolaan sampah di wilayah masing-masing,” pungkasnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here