Pemdes Gunung Besar Bagikan BLT-DD ke Warga Terdampak Covid-19

0
23
Penyerahan secara simbolis BLT DD kepada warga Desa Gunung Besar. (Foto/abd karim)
Penyerahan secara simbolis BLT DD kepada warga Desa Gunung Besar. (Foto/abd karim)

BENGKULU UTARA, inibengkulu.com – Pemerintah Desa Gunung Besar Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara membagikan bantuan langsung tunai yang bersumber dari anggaran Dana Desa tahap 1 tahun 2020 (BLT-DD). Bantuan diberikan kepada 96 kepala keluarga (KK) warga miskin yang terdampak covid-19.

Pembagian BLT-DD sebesar Rp 600.000 per KK tersebut dibagikan langsung secara simbolis oleh Kepala Desa, Tugiya, bertempat di Kantor Desa Gunung Besar, Rabu (27/5/2020). Penyerahan secara simbolis diberikan kepada warga penerima pertama dari kadun 1 atas nama bapak Kustarto. Dilanjutkan kepada warga lainnya diberikan oleh sekcam: Evri Yoga Papiles, Ketua BPD: Suryanto, Babinsa: Rohmad serta Bhabinkantinmas: Devi.A.P secara bergiliran.

Dalam proses pembagian pihak desa menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah yakni pembagian dibagi menjadi tiga sesi untuk menghindari kerumunan dan juga antrian yang panjang serta wajib mengenakan masker.

Dalam kesempatan pertamanya, kepala desa melalui Ketua BPD Suryanto menjelaskan kepada semua yang hadir serta kepada masyarakat Desa Gunung Besar lainnya mengenai kriteria bagi penerima BLT-DD dan siapa yang berhak dan tidak berhak lagi mendapatkan BLT-DD. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak terprovokasi oleh isu- isu diluar yang belum jelas kebenarannya.

Dalam penanganan covid-19, jelasnya, pemerintah mengambil kebijakan berupa pemberian sejumlah bantuan antara lain:

1. PKH
2. BPNT
3. BLT APBD
4. Sembako APBD
5. Sembako APBN
6. BLT Kemensos
7. BLT DD

Dengan adanya bantuan- bantuan tersebut pemerintah berharap warga miskin yang terdampak covid-19 dapat terbantu beban ekonominya. Namun bantuan tersebut tidak boleh tumpang tindih dalam arti bila kepala keluarga (KK) telah mendapatkan salah satu dari bantuan tersebut maka untuk bantuan lain tidak berhak lagi mendapatkannya.

“Kepada bapak ibu yang telah mendapatkan bantuan BLT-DD ini agar sekiranya dapat memanfaatkan uangnya dengan sebaik-baiknya mengingat virus covid-19 hingga saat ini kita belum jelas kapan berakhirnya,” pesannya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada bapak pjs kades yang sudah bersusah payah telah membantu masyarakat Desa Gunung Besar sehingga apa yang telah dimusyawarahkan melalui musdes-sus verifikasi, validasi dan finalisasi penentuan KK calon penerima BLT-DD pada beberapa minggu yang lalu, dapat terlaksanakan dan berjalan lancar, aman dan transparan.

“Kepada pihak pejabat-pejabat dari kecamatan, pak sekcam beserta rombongan, pendamping desa, babinsa, bhabinkamtibmas dan lain- lain, saya atas nama ketua BPD Desa Gunung Besar yang mewakili kepala desa beserta pemdes dan masyarakat Gunung Besar khususnya dengan tulus mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran dan waktu yang diluangkan demi suksesnya kegiatan pembagian BLT- DD kepada warga Desa Gunung Besar ini,” ucapnya.

Acara pemberian BLT-DD tahap ke 1 ini ikut disukseskan oleh :
(1) Kepala desa: Tugiya.
(2) Sekdes: Nia widiarti
(3) ketua BPD: Suryanto
(4) Kasi kessos: Bambang
(5) Bendahara: Juita Destianti
(6) Kadun 1: Erick Hardi Nata
(7) Kadun 2: Almukmin
(8) Kadun 3: Emi Susanti
serta anggota Satgas covid-19 dan segenap unsur Pemdes Gunung Besar Lainnya. (Abd Karim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here