Pansus Minta APH Usut Penggunaan Dana Covid Bengkulu Utara

0
Ketua Pansus Covid19 DPRD BU, Febri Yurdiman
Ketua Pansus Covid19 DPRD BU, Febri Yurdiman

BENGKULU UTARA, IB – Pansus Covid 19 DPRD Bengkulu Utara meminta Aparat Penegak Hukum (APH) untuk melakukan penyelidikan penggunaan dana penanggulangan covid 19 di SKPD-SKPD yang masuk dalam tim gugus percepatan penanganan Covid 19 Bengkulu Utara. Ini merupakan salah satu poin rekomendasi hasil kerja pansus yang disampaikan kepada unsur pimpinan dan dibacakan langsung oleh ketua pansus Febri Yurdiman dalam rapat paripurna tertutup yang berlangsung, Rabu (29/7/2020) sore.

Selain meminta APH untuk melakukan penyelidikan atas temuan-temuan pansus, poin rekomendasi lainnya yakni mendesak agar Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) melakukan audit menyeluruh terhadap seluruh penggunaan anggaran yang sudah dibelanjakan tim gugus Covid-19 Kabupaten Bengkulu Utara.

Mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) agar melaksanakan supervisi pengawasan progres penyaluran Bansos sesuai prosedur dan tepat sasaran. Kemudian mendesak Pemda agar memastikan seluruh warga yang terdampak diberikan bantuan, baik melalui Dana Desa maupun APBD.

Dalam rekom itu, pansus juga meminta Bupati Bengkulu Utara melakukan Pembinaan dan Evaluasi kepada seluruh kepala SKPD yang tergabung dalam gugus tugas Covid-19 terhadap kinerja dalam penanganan Covid-19 di Bengkulu Utara.

Dan terakhir mengingatkan agar Pemerintah Bengkulu Utara transparan dalam menggunakan anggaran pencegahan Covid-19. Serta menyampaikan hasil refocusing dan realokasi anggaran realisasinya kepada DPRD Bengkulu Utara. Sebagaimana diatur dalam keputusan bersama Mendagri, Menkeu, tentang percepatan penyesuaian APBD 2020.

“Itulah beberapa rekom kami dari Pansus Covid-19. Selain itu, kami juga meminta agar Bupati Bengkulu Utara secepatnya dapat mengevaluasi atau memberhentikan kepala Dinas Sosial dan Kominfo,” tambah Febri. (waw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here