BPOM kembali temukan 7 obat sirop mengandung bahan kimia berbahaya penyebab gagal ginjal akut

- Selasa, 1 November 2022 | 08:34 WIB
Apotek dilarang jual obat sirup, ini alasan kemenkes terkait gangguan ginjal akut pada anak  (pixabay)
Apotek dilarang jual obat sirup, ini alasan kemenkes terkait gangguan ginjal akut pada anak (pixabay)

Inibengkulu.com – Pemeriksaan yang dilakukan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) terhadap obat sirop yang mengandung bahan kimia berbahaya penyebab gagal ginjal pada anak kembali mengungkap fakta baru.

Kepala BPOM, Penny Lukito mengungkapkan hasil pemeriksaan pihaknya kembali menemukan 7 obat sirop baru yang terindikasi mengandung cairan etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol butil ether (EGBE). Obat tersebut berupa Paracetamol drop dan Paracetamol sirop yang mengandung cairan kimia berbahaya penyebab gagal ginjal pada anak.

"Kami telah menemukan produksi sirop obat Parasetamol drop dan Parasetamol sirop rasa peppermint PT Afi Farma," terang Kepala BPOM, Penny Lukito, di Kabupaten Serang, Banten seperti dikutip dari PMJNews, Senin (31/10/2022).

Baca Juga: Roundup: terungkap status anak bungsu Ferdy Sambo hingga tudingan keterangan palsu sang ART

Walaupun tidak menyebutkan nama merek dagangnya, Penny menegaskan ada tujuh produksi PT Afi Farma yang mengandung EG dan DEG melebihi ambang batas. Menurut dia, obat tersebut dapat mengganggu kesehatan masyarakat, terutama anak-anak yang mengonsumsinya.

Menindaklanjuti temuan ini, BPOM sudah menginstruksikan perusahaan farmasi untuk menahan sekaligus menarik kembali peredaran obat tersebut dari pasaran. Tujuannya, agar tidak dikonsumsi masyarakat.

"Ada tujuh produk dari PT Afi Farma yang mempunyai kadar melebihi standar dan kadar bahan baku melebihi ambang batas. Sehingga kami hold produksinya," pungkasnya.

Baca Juga: Waspada! Anda Bisa Gagal jadi PPK atau PPS jika Masuk dalam Daftar Ini

Pada bagian lain, Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pol Pipit Rismanto menuturkan, penyidik telah memeriksa tiga perusahaan berkenaan produksi obat sirup yang diduga lalai sampai menyebabkan kasus gagal ginjal. Meski begitu, penyidik belum mengarah terhadap penetapan tersangka.

Halaman:

Editor: Pauziyanto

Sumber: PMJnews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Imlek, shio, dan tanggal perayaannya

Sabtu, 21 Januari 2023 | 07:52 WIB
X