Musdes RKPDes 2022, Ini Usulan Rencana Pembangunan Desa Lubuk Lesung

0
23
Sambutan Kades Lubuk Lesung pada pembukaan RKPdes 2022

BENGKULU UTARA, IB – Pemerintah desa Lubuk Lesung Kecamatan Lais Bengkulu Utara, Selasa (14/9/2021) sukses menggelar musyawarah desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2022 dan Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2022. Hadir dalam kegiatan ini Kades Atmawijaya beserta perangkat desa, wakil-wakil dari masyarakat dan unsur terkait lainnya.

Sambutan ketua BPD

Rapat dipimpin Ketua BPD Lubuk Lesung, Untung Kurniawan. Sementara nara sumber Camat Lais, Hikman, SH, Kasi PMD, Joni, Bhabinkamtibmas, D Haryanto, pendamping lokal desa, Fahmi Andreas serta pendamping desa kecamatan, Dedi.

Materi dalam Musdes RKPDes ini terdiri pemaparan proses penyusunan RKP Desa tahun 2022, Penyampaian rancangan usulan kegiatan di RKP desa tahun anggaran 2022 serta menentukan rancangan RKP Desa tahun anggaran 2022.

Sambutan Camat Lais

Kades Lubuk Lesung, Atmawijaya mengatakan Musdes RKPDes ini dilaksanakan untuk menampung aspirasi masyarakat dan disusun dengan maksud sebagai kerangka acuan bagi Kades dan perangkat Desa dalam menyusun program dan kegiatan tahun 2022.

“Dalam Musdes RKPDes kali ini saya harapkan segenap elemen masyarakat dan perangkat Desa dapat menyatukan visi dalam mendukung segala kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Desa Lubuk Lesung. Hal ini sangat penting artinya bagi selarasnya program dan gerak langkah pembangunan di Desa ini demi kemajuan bersama,” harapnya.

Setelah dilaksanakan diskusi dan pembahasan secara mendalam, selanjutnya didapat sejumlah usulan untuk dilaksanakan melalui dana desa tahun anggaran 2022. Usulan terdiri dari 2 bidang yakni

– Bidang pembangunan terdiri dari
1. pemeliharaan jalan eks PNPM 1000 M
2. Portal jalan 1 unit di Dusun 3
3. Rabat beton JUT 150 m x 3 m di Dusun 3
4. Pembuatan plat deuker 3 titik di Dusun 3
5. Pemotongan tebing 40 m di Dusun 3
6. JUT 600 m Dusun 3
7. Pelapis Tebing 4 x 1 meter di Dusun 3

– Bidang Pemberdayaan
1. Pelatihan rubia laki-laki dan perempuan
2. Pemberdayaan PKK
3. Pilkades
4. Pemberdayaan posyandu
5. Pemberdayaan karang taruna
6. Pelatihan perangkat desa
7. Pelatihan BPD
8. Pelatihan Linmas
9. Pemberdayaan kesenian
10. Pemberdayaan adat
11. Pengadaan alat berburu kelompok tani 3 pucuk senapan angin
12. Penanganan covid 19
13. DTT

Laporan: Hirwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here