Menyambangi “Markas Gubernur Militer AK Gani” di Napal Putih

0
111
Inilah rumah bersejarah Markas Gubernur Militer Daerah Militer Istimewa Sumatera Bagian Selatan yang berada di Desa Napal Putih. (Foto/Mezi Aswari)
Inilah rumah bersejarah Markas Gubernur Militer Daerah Militer Istimewa Sumatera Bagian Selatan yang berada di Desa Napal Putih. (Foto/Mezi Aswari)

BENGKULU UTARA, inibengkulu.com – Bengkulu Utara tidak hanya dikenal memiliki wisata alam yang menawan, tapi juga menyimpan banyak wisata sejarah. Salah satunya “Rumah Bersejarah Markas Gubernur Militer Daerah Militer Istimewa Sumatera Bagian Selatan Desa Napal Putih Tahun 1949” yang berada di Kecamatan Napal Putih.

Meskipun bangunan kuno, namun rumah dua lantai, bercat warna krem dengan atap seng yang berada persis di tengah Desa Napal Putih itu masih tampak berdiri kokoh. Pada lantai atas rumah, dipenuhi jendela kaca bermotif khas rumah tempo dulu. Di bagian bawah sejumlah perabotan juga dengan motif kuno masih tersusun rapi. Seperti satu set meja kayu dan kursi, bufet, lemari dan ranjang  tidur yang terbuat dari besi. Tampak jika bangunan ini masih terawat dengan baik.

Dibincangi inibengkulu.com, Sabtu (2/2), Kades Napal Putih, Sawal mengisahkan bangunan ini pertama kali dibangun Pangeran Muhammad Ali  pada tahun 1930 silam. Pangeran Ali merupakan warga asli suku Pekal yang kala itu menjabat camat militer di masa Agresi Militer Belanda II.

Pada saat tahun 1949, saat perang melawan Belanda berkecamuk, Gubernur Militer Daerah Militer Istimewa Sumatera Bagian, A,K. Gani sempat tinggal dan berkantor di rumah ini untuk memimpin perlawanan terhadap Belanda, terutama di kawasan tambang emas Lebong Tandai.

“Bangunan ini ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah dan menjadi salah satu wisata sejarah yang ada di Provinsi Bengkulu. Kondisinya masih sangat terawat sehingga layak untuk dikunjungi dan terbuka untuk umum,” ujar Sawal.

dr. Adenan Kapu Gani atau dikenal A.K. Gani merupakan salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Sumatera Selatan. Sosok kelahiran Gagak Limo Nagari, Silungkang, Sumatera Barat, 16 September 1905 ini pernah menjabat sebagai Gubernur Sumatera Bagian Selatan pada tahun 1945.

Di Pemerintahan Indonesia, beberapa kali Gani menduduki kursi menteri. Yakni Wakil Perdana Menteri RI ke 1 tahun 1947-1948, Menteri Perdagangan RI ke 3 tahun 1946-1948, Menteri Pertanian RI ke 4 tahun 1946-1948. (mur)

BACA JUGA:

Potret Buram Desa Lebong Tandai

Warga Lebong Tandai Masih Sulit Berobat dan Melahirkan

Pamit, Danrem “Titip” Lebong Tandai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here