MAD LPj UPK DAPM Mitra Mandiri Tahun 2017

0
566
Manager DAPM MM Arga Makmur, Yunas Kristian, S.Pd saat menyampaikan pidato laporan pertanggung jawaban kepada kelompok peminjam dana bergulir.
Manager DAPM MM Arga Makmur, Yunas Kristian, S.Pd saat menyampaikan pidato laporan pertanggung jawaban kepada kelompok peminjam dana bergulir. (foto/Hirwan)

BENGKULU UTARA, inibengkulu.com – Unit Pengelola Keuangan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat Mitra Mandiri (UPK DAPM MM), Senin (14/5) menggelar Musyawarah Antar Desa (MAD) laporan pertanggungjawaban (LPj) penyaluran pinjaman bergulir tahun 2017. Acara digelar di kantor UPK kecamatan di Desa Karang Anyar I Kecamatan Kota Arga Makmur

Hadir dalam acara tersebut kelompok peminjam dana bergulir dan peminjam mandiri dari setiap desa dalam Kecamatan Kota Arga Makmur, Ketua Forum Kades Kecamatan Kota Arga Makmur, Saiful Amri dan pengurus UPK DAPM MM Arga Makmur.

Dalam acara tersebut bukan hanya menyampaikan laporan pertanggungjawaban penyaluran dana DAPM. Tapi sekaligus juga memaparkan rencana kerja kedepannya dengan tetap memegang prinsip PNPM Mandiri Pedesaan.

Pengurus UPK DAPM MM Arga Makmur photo bersama usai acara MAD laporan pertanggungjawaban

Yunas Kristian, S.Pd selaku Manager DAPM dalam sambutannya memaparkan beberapa rencana kerja kedepanya. Yaitu:

• Menggunakan data aplikasi keuangan berbasis akutansi
• Meningkatkan kinerja pengelola sesuai dengan tupoksi karyawan
• Melakukan kerjasama dengan pihak ketiga terkait penambahan modal
• Meningkatkan tata cara/alur perguliran mulai dari pengajuan proposal, verifikasi pembahasan pinjaman dan penyaluran pinjaman
• Mengurangi tingkat kolektibilitas
• Melakukan rapat tim perkumpulan per triwulan dalam mengkaji kendala dan masalah di lapangan
• Memfasilitasi forum SPP dalam pengembangan dan monitoring simpan pinjam yang telah berjalan.

Ia mengungkapkan, modal DAPM telah mengalami perkembangan. Yakni dari modal awal Rp 1.346.453,000 sekarang telah berkembang menjadi Rp 1.803.154.818 yang beredar di masyarakat kelompok peminjam. “Artinya mengalami penambahan modal sebesar Rp 456.701.818 per Desember tahun 2017,” ungkap Yunas.

Lebih jauh disampaikan  Yunas, hingga Desember tahun 2017 jumlah pemanfaatan dana bergulir DAPM MITRA MANDIRI Arga Makmur, untuk simpan pinjam perempuan bergulir (SPP) sudah mencapai 75 kelompok/915 orang dan SPP mandiri 83 orang.

“Kami pengurus UPK DAPM MM sangat berharap pemerintah memberi dukungan dalam bentuk kucuran dana supaya kami bisa akomodir usulan dari masyarakat kelompok peminjam yang saat ini sangat membutuhkan untuk modal usaha mereka. Karena usulan yang sudah masuk sekarang cukup banyak, sedangkan modal yang ada saat ini masih kurang untuk memenuhi semua usulan dari kelompok peminjam,” harap Yunas ketika dibincangi wartawan inibengkulu.com usai acara. (cw2/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here