Lurah Se-Bengkulu Utara Ancam Mundur

0
21
Lurah Gunung Alam, Saiful
Lurah Gunung Alam, Saiful

BENGKULU UTARA, IB – Tidak jelasnya realisasi dana kelurahan terus menuai keluhan dari para lurah di Bengkulu Utara. Bahkan kini para lurah mulai mengancam akan mengundurkan diri jika sampai tanggal 17 April mendatang dana kelurahan tidak juga cair. Pernyataan tegas ini disampaikan Lurah Gunung Alam Kecamatan Kota Arga Makmur Saiful.

“Apabila dana kelurahan tidak juga cair sampai 17 April mendatang maka tidak menutup kemungkinan kami, lima lurah yang ada di Bengkulu Utara akan mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan kami sebagai lurah,” tegasnya Rabu (20/3).

Baca juga: Dana Rutin Cuma Rp 10 Juta Setahun, Lurah di Bengkulu Utara Menjerit

Seperti disampaikan sebelumnya, para lurah di Kabupaten Bengkulu Utara menjerit. Pasalnya dana rutin dari APBD untuk kelurahan tahun ini hanya Rp 10 juta untuk satu tahun. Jauh berkurang dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 130 juta lebih. Sementara dana kelurahan hingga kini belum jelas kapan direalisasikan dan untuk apa peruntukannya.

Awalnya dana rutin dari APBD untuk kelurahan yang hanya Rp 10 juta ini tidak terlalu ada masalah. Sebab saat penyusunan RKA dan DPA akhir tahun lalu, anggaran rutin kantor boleh diambil dari dana kelurahan. Karena itu pihak kelurahan menyusun rencana kegiatan dan dana rutin sesuai dengan jumlah pagu anggaran yang ada yakni dana kelurahan ditambah dana rutin dari APBD.

Baca juga: Terhutang Pembelian Seragam Hansip, Lurah Terancam Dipolisikan

“Tapi belakangan kami dapat informasi bahwa dana kelurahan tidak bisa dialokasikan untuk kegiatan rutin kantor. Sebab ada aturan, dana kelurahan hanya untuk kegiatan pemberdayaan dan kegiatan pembangunan fisik. Artinya, yang bisa kami gunakan untuk operasional kantor seperti bayar listrik, internet, air, ATK, honor TKS dan sebagainya hanya mengandalkan Rp 10 juta yang dari APBD. Apa cukup?” ujarnya. (mur)

Baca juga:

Soal Dana Kelurahan, Begini Penjelasan Kepala Bappeda

Pemda BU Harusnya Malu Kelurahan Sampai Terhutang Baju Hansip

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here