• Minggu, 27 November 2022

Sejarah Batik di dunia internasional: Dikenalkan Soeharto, diakui UNESCO di masa SBY

- Kamis, 29 September 2022 | 21:22 WIB
Sejarah Batik di dunia internasional: Dikenalkan Soeharto, diakui UNESCO di masa SBY
Sejarah Batik di dunia internasional: Dikenalkan Soeharto, diakui UNESCO di masa SBY

Inibengkulu.comHari Batik Nasional 2022 akan diperingati pada hari Minggu, tanggal 2 Oktober mendatang. Sejarah Batik hingga diakui dunia internasional merupakan sebuah perjalanan panjang.

Butuh waktu dan usaha keras bagi bangsa Indonesia agar Batik bisa diakui dunia. Pada saat itu, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Baca Juga: Amalan-amalan baik menyambut Maulid Nabi 2022, rugi jika tidak dikerjakan

Saat ini kerja keras itu sudah membuahkan hasil. Batik sudah diakui UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009.

Dari situlah kemudian pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia internasional oleh Presiden Soeharto saat mengikuti konferensi PBB. Namun Batik Indonesia didaftarkan untuk mendapat status intangible cultural heritage (ICH) melalui kantor UNESCO di Jakarta oleh kantor Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili pemerintah dan komunitas batik Indonesia, pada 4 September 2008.

Baca Juga: Pusing kebanyakan grup WhatsApp? Begini caranya keluar grup tanpa ketahuan

Pengajuan itu membuahkan hasil bagi pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada 9 Januari 2009, pengajuan batik untuk Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO diterima secara resmi.

Batik dikukuhkan pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Halaman:

Editor: Pauziyanto

Sumber: Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Rekomendasi Sepatu Futsal Cocok untuk Anak-anak

Sabtu, 19 November 2022 | 12:48 WIB
X