• Minggu, 27 November 2022

Lima dalang peristiwa G30S PKI, nomor 2 sepak terjangnya jarang terekspose

- Rabu, 28 September 2022 | 22:23 WIB
Lima dalang peristiwa G30S PKI, nomor 2 sepak terjangnya jarang terekspose
Lima dalang peristiwa G30S PKI, nomor 2 sepak terjangnya jarang terekspose

Inibengkulu.comG30S PKI atau gerakan 30 September yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) merupakan salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia. Gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh PKI mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia.

Keenam perwira tinggi yang menjadi korban G30S PKI antara lain Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan dan Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo. Di samping itu, gugur pula ajudan Menhankam/Kasab Jenderal Nasution, Letnan Satu Pierre Andreas Tendean

Baca Juga: Nelayan hilang di Pulau Tikus akhirnya ditemukan

Tujuan utama G30S PKI adalah menggulingkan pemerintahan era Soekarno dan mengganti negara Indonesia menjadi negara komunis. Seperti diketahui, PKI disebut memiliki lebih dari 3 juta anggota dan membuatnya menjadi partai komunis terbesar ketiga di dunia, setelah RRC dan Uni Soviet.

Dalam sejarah tercatat ada beberapa orang dalang dibalik peristiwa G30S PKI. Mereka yakni:

1. DN Aidit

Dipa Nusantara Aidit atau yang lebih dikenal dengan sebutan DN Aidit merupakan Ketua Umum Komite Sentral PKI. Saat merencanakan gerakan kudeta 30 September, tak banyak anggota petinggi PKI yang mengetahuinya. Aidit tidak pernah mengajak ataupun melibatkan anggota jajaran Politbiro dalam rapat agenda persiapan G30S.

Dalam melancarkan aksinya, Aidit banyak melakukan hasutan-hasutan kepada rakyat Indonesia dengan tujuan agar mendapatkan dukungan penuh terhadap niat PKI yang akan menjadikan Indonesia sebagai “Negara Yang Lebih Maju”.

Baca Juga: Catat, ada 3 penyebab data kendaraan dihapus dari sistem, salah satunya nunggak pajak

Halaman:

Editor: Pauziyanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

7 Rekomendasi Sepatu Futsal Cocok untuk Anak-anak

Sabtu, 19 November 2022 | 12:48 WIB
X