• Minggu, 27 November 2022

Angka 45 dan UMKM Media

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 21:12 WIB
CEO Pikiran Rakyat Media Network dan Promedia Teknologi Indonesia Agus Sulistriyono. (Dok. Promedia)
CEO Pikiran Rakyat Media Network dan Promedia Teknologi Indonesia Agus Sulistriyono. (Dok. Promedia)

ANGKA 45 bagi sebagian orang mungkin biasa saja. Tanpa makna.

Tetapi, bagi keluarga besar Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) dan Promedia Teknologi Indonesia, angka 45 hari ini teramat keramat.

Siapa sangka laki-laki yang lahir di Desa Sidorejo, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, 45 tahun silam itu kini berhasil membuktikan sebuah keajaiban. Bahwa bisnis media bisa dibangun dalam skala usaha mikro kecil dan menangah (UMKM).

Hari ini Mas Agus Sulistriyono, Chief Executive Officer (CEO) PRMN dan Promedia, genap berusia 45 tahun. Panjang usianya memang 45 tahun. Tetapi, saya yakin ia merasa dua tahun terakhir usianya jauh lebih memiliki makna daripada puluhan tahun sebelumnya.

Siapa sangka, membangun jaringan media online profesional secara kolaboratif sejak 2 Desember 2019 lalu telah menciptakan ribuan pengusaha media baru dan mengentaskan ribuan pengangguran di Indonesia.

Dengan brand utama Pikiran-Rakyat.com, pria yang biasa disapa Mas Sulis itu telah membangun jejaring 200 lebih media di daerah dengan ribuan pengusaha baru media, yang didominasi oleh mantan wartawan.

Pada medio 2021, dengan bendera Promedia, Mas Sulis membangun jejaring media online profesional dengan sistem kolaboratif yang makin menggurita. Lebih dari 400 portal berita dengan domain independen telah didukung teknologinya oleh Promedia. Sebagian media yang “dulu belum apa-apa” kini telah cuan.

Mas Sulis telah berhasil membuktikan bahwa bisnis media bisa dibangun dengan skala UMKM. Bagaimana tidak, banyak media di PRMN dan Promedia lahir dari “tidak punya apa-apa.” Pengelolanya membangun bisnis media hanya bermodal waktu, tenaga, dan komitmen.

Rupiah yang diinvestasikan sangat kecil dibandingkan konglomerat-konglomerat media di tanah air. Tetapi, UMKM media ini terbukti telah membantu ribuan anak muda di Indonesia yang menganggur jadi punya pekerjaan.

Halaman:

Editor: Pauziyanto

Sumber: Promedia Teknologi

Tags

Terkini

7 Rekomendasi Sepatu Futsal Cocok untuk Anak-anak

Sabtu, 19 November 2022 | 12:48 WIB
X