• Kamis, 21 September 2023

Revisi PKPU Seleksi Anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, Timsel Bisa Dipecat

- Selasa, 16 Mei 2023 | 15:30 WIB
Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, dalam konferensi pers terkait revisi PKPU 10/2023 di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (10/5/2023). (Instagram @kpu_ri)
Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, dalam konferensi pers terkait revisi PKPU 10/2023 di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (10/5/2023). (Instagram @kpu_ri)

inibengkulu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi merevisi aturan tentang seleksi anggota KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota. Perubahan PKPU itu dituangkan dalam PKPU Nomor 13 Tahun 2023 tentang Perubahan Kedua atas PKPU Nomor 4 Tahun 2023 tentang seleksi anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Dalam PKPU yang ditandatangani oleh Ketua KPU, Hasyim Asy'ari pada tanggal 14 Mei 2023 tersebut pada Pasal 14 menyebutkan, KPU dapat mengambil alih pelaksanaan tahapan seleksi dalam hal Tim Seleksi (Timsel) tidak dapat mengambil keputusan sampai dengan berakhirnya tahapan, tidak dapat melaksanakan tugasnya atau terbukti melakukan pelanggaran dalam proses seleksi.

Baca Juga: Lolos ke Perempat, Ini Hasil Lengkap Indonesia lawan Jerman di Piala Sudirman 2023

Selain itu, ketentuan Pasal 45 juga diubah sehingga berbunyi dalam hal hasil verifikasi dan klarifikasi terhadap anggota Timsel terbukti benar, KPU dapat memberikan sanksi peringatan kepada anggota Timsel yang melakukan pelanggaran atau atau memberhentikan anggota Timsel yang melakukan pelanggaran dan mengganti dengan mengangkat anggota Timsel baru.

Bahkan jika terjadi pemecatan terhadap Timsel, KPU dapat memberhentikan tahapan seleksi sampai dengan diangkatnya anggota Timsel yang baru. Pemberhentian tahapan seleksi selanjutnya ditetapkan dengan Keputusan KPU.

Baca Juga: Siap-siap! Polisi Kembali Berlakukan Tilang Manual, Lengkapi Kendaraan Anda

KPU RI melalui PKPU terbaru ini juga menyisipkan satu pasal baru yang berbunyi jika terdapat laporan masyarakat terhadap dugaan pelanggaran dalam proses seleksi setelah masa kerja Timsel berakhir, KPU melakukan verifikasi dan klarifikasi terhadap anggota Timsel yang diduga melakukan pelanggaran dalam proses seleksi.

Timsel bersangkutan kemudian berkewajiban untuk memberikan klarifikasi terhadap dugaan pelanggaran dalam proses seleksi. Jika hasil verifikasi dan klarifikasi terhadap anggota Timsel terbukti benar, KPU menindaklanjuti hasil verifikasi dan klarifikasi dengan melakukan koreksi dan ditetapkan dengan Keputusan KPU. (**)

Editor: Suliswan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X