Jenis Megathrust, Gempa Mentawai Terasa Hingga ke Bengkulu

0
Guncangan gempa yang melanda kepulauan Mentawai, Sumatera Barat terasa hingga ke Bengkulu. (Foto/ist)
Guncangan gempa yang melanda kepulauan Mentawai, Sumatera Barat terasa hingga ke Bengkulu. (Foto/ist)

BENGKULU, inibengkulu.com – Gempa beruntun kembali melanda Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Sabtu (2/2/2019) sore hingga petang. Informasi dari BMKG rentetan gempa yang mengguncang Kepulaun Mentawai dan sekitarnya merupakan jenis gempa megathrust dengan kedalaman dangkal kurang dari 20 kilometer.

Gempa pertama dirasakan pada pukul 16:03:10 WIB dengan magnitudo 5,3. Gempa kedua dirasakan pada pukul 16:27:33 WIB dengan magnitudo 6.0. Gempa ketiga terjadi pada pukul 16:58:12 WIB dengan magnitudo 5,2. Kemudian, gempa keempat mengguncang pada pukul 17:59:28 WIB berkekuatan 6.0 SR dengan kedalaman 18 km di 121 km tenggara Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Dan terakhir terjadi pukul 20:10:23 WIB dengan skala 5.0 SR dengan kedalaman 20 Km di 109 km Tenggara kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Meski berjarak cukup jauh, namun gempa yang melanda Mentawai juga terasa sampai ke Provinsi Bengkulu. Sejumlah warga mengaku kaget dan cemas saat merasakan ayunan gempa. Apalagi terjadi beruntun hingga beberapa kali.

”Sempat kaget mas, apalagikan terjadinya beberapa kali. Tapi kita tetap tenang dan waspada sembari berdoa semoga intensitas dan kekuatan gempa terus menurun,” ucap Wati, salah satu warga Argamakmur, Bengkulu Utara kepada wartawan. (red)

BACA JUGA:

536 Pelanggaran Pemasangan APK, PDIP Paling Banyak

Cabuli ABG, Warga TAP Diciduk Polisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here