Ikuti Edaran Mendagri, Bupati Mian Tidak Gelar Open House

0
56
Suasana Salat Idul Fitri di kediaman pribadi Bupati Mian. Pada lebaran kali ini Bupati Mian kembali tidak menggelar open house guna mencegah penyebaran corona

BENGKULU UTARA, IB – Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian kembali tidak menggelar open house pada lebaran kali ini. Hal ini dilakukan Bupati Mian karena mengikuti edaran Mendagri.

“Ini tahun kedua tidak ada open house guna mencegah penularan Corona. Kami tak ingin terjadi kerumunan massa saat open house,” kata Bupati.

Perayaan Lebaran kali ini masih di tengah badai pandemi Covid-19 yang belum berhenti. Bupati Mian meminta agar masyarakat tidak terlena dan mengabaikan penerapan protokol kesehatan.

“Kami memohon maaf lahir dan batin. Ini momentum spesial dan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” ujar dia.

Seperti diketahui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia mengambil langkah-langkah dalam mencegah penyebaran Covid-19 saat Ramadan dan Lebaran.

Tito meminta kepala daerah tegas melarang pejabat dan ASN melakukan pembatasan buka puasa bersama, serta larangan menggelar open house pada saat maupun pasca Lebaran.

Hal itu disampaikan Tito melalui Surat Edaran Nomor 800/2794/SJ tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadhan dan Pelarangan Open House/Halal bi Halal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021. Surat Edaran itu diteken Tito pada Selasa (4/5).

Surat Edaran dikeluarkan setelah mencermati terjadinya peningkatan kasus penularan Covid-19 khususnya pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H tahun lalu, serta pasca libur Natal dan Tahun Baru 2021. Sehingga kepala daerah perlu melakukan antisipasi pelaksanaan kegiatan selama Ramadan, dan menjelang, saat, maupun pasca Hari Raya Idul Fitri.

“Diminta kepada Saudara Gubernur, Bupati/Walikota mengambil langkah-langkah sebagai berikut: melakukan pembatasan kegiatan buka puasa bersama, tidak melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah (lima) orang selama Bulan Ramadhan 1442 H/Tahun 2021,” demikian kutipan poin a dalam edaran tersebut.

“Menginstruksikan kepada seluruh pejabat/ASN di daerah, dilarang melakukan open house/Halal bi Halal dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021,” seperti tercantum pada poin b dalam edaran tersebut.

Dengan terbitnya Surat Edaran itu, maka Surat Edaran Mendagri terkait hal serupa yang dikeluarkan pada 3 Mei 2021 dengan Nomor 450/2769/SJ dan Surat Edaran Nomor 800/2784/SJ pada 4 Mei 2021 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here