• Minggu, 27 November 2022

Berkas lengkap, Putri Candrawathi berpeluang ditahan

- Kamis, 29 September 2022 | 11:34 WIB
Profil Putri Candrawathi istri Ferdy Sambo
Profil Putri Candrawathi istri Ferdy Sambo

Inibengkulu.com – Berkas perkara lima tersangka kasus pembunuhan Brigadir J sudah dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Termasuk berkas perkara istri Ferdy Sambo yakni Putri Candrawathi. Artinya kasus ini akan segera bergulir ke meja hijau.

Dengan lengkapnya berkas perkara, maka penanganan para tersangka selanjutnya akan menjadi kewenangan pihak kejaksaan. Karena itu, khusus untuk istri Ferdy Sambo yakni Putri Candrawathi (PC) berpeluang akan ditahan oleh Kejagung.

Baca Juga: Jadi tersangka, timsus beberkan bukti keterlibatan Putri Candrawathi dalam pembunuhan Brigadir J

“Itu (penahanan PC) kewenangan sepenuhnya jaksa penuntut umum, nanti kalian bisa lihat perkembangannya jaksa penuntut umum bisa bersikap apa di sana,” ujar Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung Fadil Zumhana kepada wartawan, seperti dikutip dari PMJNews, Rabu (28/9/2022).

Menurut Fadil, ditahan atau tidaknya seseorang harus berdasarkan alasan objektif dan subjektif.

Baca Juga: Dokter Gigi dan anak mantan jenderal, ini profil lengkap Putri Candrawathi istri Ferdy Sambo

Secara objektif, ujar dia, penyidik berwenang melakukan penahanan untuk kepentingan penyidikan yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

“Dalam KUHAP diatur dalam kewenangan penahanan dalam setiap jenjang penanganan perkara. Penyidikan untuk kepentingan penyidikan, penyidik berwenang melakukan penahanan,” ucapnya.

Namun jika khawatir tersangka melarikan diri atau merusak barang bukti, jaksa secara subjektif dapat melakukan penahanan.

Halaman:

Editor: Pauziyanto

Sumber: PMJNews.com

Tags

Terkini

X