Gubernur Siapkan 5 Poin Konsep Pembangunan Enggano

0
Gubernur Rohidin saat meninjau langsung kondisi pulau Enggano, Kamis (20/2/2020). (Foto/ist)
Gubernur Rohidin saat meninjau langsung kondisi pulau Enggano, Kamis (20/2/2020). (Foto/ist)

BENGKULU, inibengkulu.com – Dalam kunjungan kerja ke Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah menghadiri silaturrahmi dan Dialog Pembangunan Bersama Masyarakat Desa Apoho pada Kamis (20/02/2019).

Gubernur Bengkulu juga meninjau Lokasi Pelayanan Kesehatan Gratis. Dalam Silaturrahmi dan Dialog Pembangunan Gubernur didampingi Kasrem 041 Gamas, Danlanal Bengkulu, Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Camat Enggano, Unsur Kepala OPD Pemprov Bengkulu, serta dihadiri Kepala Suku dan Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Enggano.

Dalam sambutannya, Camat Enggano Marlansius menyampaikan bahwa masyarakat Enggano sangat merindukan kedatangan Gubernur untuk meninjau dan melihat langsung situasi. Marlansius juga memaparkan jarak tempuh dari Kota Bengkulu-Enggano sekitar 98 Mil, Enggano memiliki Penduduk sekitar 1.190 KK, dengan 4.221 Jiwa, 6 Suku, 2 Agama yakni Islam dan Kristen.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah menyampaikan pemaparan konsepnya dalam Membangun Enggano mulai dari Pelabuhan, Bandar Udara, Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan, Distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM), serta mendorong Ekonomi melalui Produk Turunan Pisang dan Melinjo serta Jalan yang dimuat dalam sambutannya dengan Judul Piagam Membangun Enggano.

“Enggano merupakan wilayah strategi nasional, untuk itu kami dari Pemerintah Provinsi Bengkulu terus berupaya melakukan pemerataan pembangunan termasuk di Kecamatan Enggano,” ujarnya.

Adapun paparan Konsep Pembangunan Enggano yang dimuat dalam 5 Poin Piagam Membangun Enggano yaitu :

1. Perbaikan Pelabuhan dan Pengoptimalan Pemungsian Bandar Udara
– Gubernur Rohidin dan Bupati Bengkulu Utara telah melakukan Rapat dengan Menteri untuk berkordinasi menganggarkan 6,6 M untuk membangun Pelabuhan di Enggano dan dikerjakan pada Bulan April 2020. Tidak hanya itu Gubernur juga memastikan tidak ada lagi masa kekosongan Kapal, jikalau ada Kapal dalam Proses Perbaikan maka akan disiapkan kapal Pengganti tanpa menghambat Transportasi Penumpang.
– Gubernur Rohidin akan mengoptimalkan pemungsian Bandar Udara dan akan memanggil Kepala Bandar Udara Fatmawati Soekarno untuk berkoordinasi mengenai Penerbangan yang akan dioptimalkan Enggano-Kota Bengkulu minimal 2 kali dalam seminggu.

2. Optimalisasi Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan
Gubernur Rohidin akan berkordinasi dengan Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara untuk memastikan minimum 1 atau 2 rawat inap untuk mengoptimalkan layanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Serta untuk bidang pendidikan, Gubernur akan menyiapkan guru spesial untuk Enggano dan jikalau perlu akan memperbantukan Guru Bantu yang di SK-kan Pemprov Bengkulu untuk Masyarakat Setempat.

3. Mobilisasi Bahan Bakar Minyak (BBM)
Masalah penyaluran/distribusi BBM, Gubernur Rohidin telah berkordinasi dengan pihak Pertamina dan Lanal untuk pengoptimalan distribusi BBM yang sering dikeluhkan karena cuaca, namun rencana ini berjalan mulus lantaran Pertamina dan Angkatan Laut telah menjalin kerjasama terkait penyaluran BBM untuk pulau-pulau terluar. Dan mulai tahun ini, BBM Enggano akan dikirim melalui Kapal Angkatan Laut agar tidak hambatan pengiriman oleh cuaca buruk. Tidak hanya itu, Gubernur juga meminta kepada PLN dan Lanal agar terus berkordinasi dan menjaga Buffer Stock tersedia untuk 3 bulan kedepan.

4. Mendorong Komoditas Unggulan Enggano (Pisang dan Melinjo)
Terkait mendorong komoditas unggulan Enggano yakni Pisang dan Melinjo agar mendorong kemandirian Ekonomi warga Enggano dengan membuat Produk Turunan dari Pisang dan Melinjo yang akan dikemas menjadi Produk dan di Pasarkan secara menyeluruh, hal ini masih dalam tahap pengkajian Gubernur Rohidin dan pihak terkait mengenai pola-pola strategis yang akan dicanangkan.

5. Peningkatan Infrastruktur Jalan dan Jembatan
Gubernur Rohidin segera memetakan jalan dan jembatan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Bengkulu yakni 32 Km dan 9 titik jembatan di Kecamatan Enggano, Mapping Pembangunan akan berjalan di 2021.

Diakhir pemaparannya, Gubernur Rohidin meyakini jika 5 Poin Piagam Membangun Enggano terealisasi Enggano akan maju pesat dan menjadi One Resource One Island. Gubernur juga menyalurkan bantuan untuk penyandang disabilitas dan difabel berupa Kursi Roda, Tongkat Kaki Tiga dan Alat Bantu Pendengaran. (waw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here