Daya Saing Meningkat, Koperasi dan UKM Tumbuh dan Berkembang

0
0
Bupati Mian terus mendorong agar sektor koperasi dan UKM di Bengkulu Utara terus berkembang. (Foto/dok)
Bupati Mian terus mendorong agar sektor koperasi dan UKM di Bengkulu Utara terus berkembang. (Foto/dok)

BENGKULU UTARA, IB – Berbagai terobosan terus dilakukan oleh Pemkab Bengkulu Utara dibawah kepemimpinan Bupati Ir. Mian dalam mendorong kemajuan di sektor koperasi dan usaha kecil menengah. Salah satunya yakni pembangunan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) di Desa Bukit Makmur Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara.

Bupati Mian meninjau produk yang dihasilkan UKM di Bengkulu Utara

PLUT sendiri merupakan program kementerian Koperasi yang berhasil didapat oleh Pemkab Bengkulu Utara. Bertujuan untuk membantu UKM agar dapat tumbuh dan berkembang, dengan meningkatkan daya saing, serta naik kelas sebagai UMKM.

Pembangunan gedung PLUT sudah dilakukan sejak 2019 lalu dan saat ini sudah rampung dan siap dimanfaatkan.

“PLUT UMKM adalah salah satu program yang cerdas dari pemerintah yaitu era kecerdasan manajemen pemerintah dalam melayani masyarakatnya agar UMKM dapat naik kelas, maju dan berkembang dengan memanfaatkan semua potensi yang ada,” ujar akademisi Universitas Indonesia (UI) Drs Agung Pramono, PW, MA dalam sosialisasi PLUT-KUMKM yang digelar di Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Evi Fitriyani menjelaskan, gedung tersebut berfungsi untuk memberikan pendampingan dan bimbingan kepada KUMKM di Kabupaten Bengkulu Utara untuk mengembangkan usahanya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat berbasis ekonomi kerakyatan.

Gedung ini nantinya akan melayani pendampingan, serta konsultasi bisnis, pelatihan, pertemuan dan sebagainya. Gedung megah PLUT – KUMKM tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi yang optimal, guna memberdayakan koperasi dan UMKM. Untuk meningkatkan ekonomi daerah, serta kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, juga dapat memberikan solusi atas permasalahan – permasalahan, yang dihadapi KUMKM saat ini. Seperti, rendahnya kualitas produksi, packing produk yang tidak menarik, serta kemitraan usaha, pemanfaatan teknologi informasi dan pemasaran yang terbatas. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here