• Selasa, 16 Agustus 2022

Air Sungai Bintunan berubah pekat, diduga tercemar limbah PT SIL

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:35 WIB
Kondisi air sungai Bintunan yang biasanya jernih, hari ini, Kamis (04/08/2022) pagi tiba-tiba berubah warna menjadi kuning pekat. Diduga hal ini terjadi akibat limbah PT SIL
Kondisi air sungai Bintunan yang biasanya jernih, hari ini, Kamis (04/08/2022) pagi tiba-tiba berubah warna menjadi kuning pekat. Diduga hal ini terjadi akibat limbah PT SIL

Inibengkulu.com - Kondisi air Sungai Bintunan yang biasanya jernih, hari ini, Kamis (04/08/2022) pagi tiba-tiba berubah warna menjadi kuning pekat. Di permukaan air terlihat cairan kental berwarna coklat dan berbusa. Air sungai juga beraroma busuk menyengat. Ada dugaan perubahan warna air sungai ini akibat tercemar limbah dari PT Sandabi Indah Lestari (PT SIL).

Salah seorang warga setempat, Hairi mengaku perubahan warna dan aroma air sungai ini sudah kali kedua terjadi. Kondisi ini menyebabkan warga tak berani lagi melakukan aktifitas di aliran Sungai Bintunan.

Baca Juga: Heboh beredar unggahan beras merk 'poligami' komentar netizen luar biasa

“Dulu sempat beresiko ke warga. Setelah mandi, badan terasa gatal-gatal. Yang jelas, kuat dugaan sudah tercemar limbah,” ujarnya seperti dikutip dari analisjurnal.com.

Hal senada disampaikan warga Desa Taba Kelintang, Kasmin. Menurut dia hal ini terjadi tiba-tiba saja. Saat kondisi cuaca yang cerah, air sungai Bintunan yang biasanya jernih tiba-tiba berubah warna kuning pekat, bahkan berminyak warna kekuning-kuningan dan berbusa. Air sungai juga jadi berbau busuk menyengat.

Baca Juga: Polres Rejang Lebong ringkus PNS gadungan

“Aliran sungai Bintunan ini sangat dibutuhkan oleh beberapa desa. Baik untuk mandi maupun mencuci, namun belakangan ini, sungai tersebut kurang sehat lagi digunakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Hingga berita ini ditayangkan, belum didapat keterangan resmi dari pihak PT SIL mengenai dugaan ini.

Baca Juga: Dari rutan Polda, tersangka replanting sawit Bengkulu Utara dilantik jadi kades

Terpisah, Wakil rakyat dapil Giri Mulya, Padang Jaya, Edi Apriyanto memastikan akan menindaklanjuti permasalahan ini. Pihaknya akan berkoodinasi dengan Komisi III selaku komisi yang membidangi. ***

Halaman:

Editor: Pauziyanto

Tags

Terkini

Diperiksa BK, mantan kades akui soal uang 10 juta

Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:19 WIB

Disnakertrans BU Launching Website SIKO

Selasa, 29 Maret 2022 | 14:18 WIB
X