• Selasa, 16 Agustus 2022

Literasi Digital Kominfo 2021; LINDUNGI DIRI DARI PENIPUAN DI RUANG DIGITAL

- Senin, 18 Oktober 2021 | 18:30 WIB
5ca86473-pemerintah-bikin-program-literasi-digital-begini-tujuannya-01
5ca86473-pemerintah-bikin-program-literasi-digital-begini-tujuannya-01

JAKARTA, inibengkulu.com – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Bengkulu yaitu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang LINDUNGI DIRI DARI PENIPUAN DI RUANG DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Berita palsu atau hoaks adalah informasi bohong atau tidak benar yang dibuat seolah-olah merupakan kebenaran. Biasanya berita palsu ini dibuat seakan-akan berdasarkan fakta dan sumber yang kredibel. Sehingga berita palsu atau fake news ini bisa membuat orang percaya. Padahal tidak benar.

Tujuan berita palsu yaitu membuat resah, mengadu domba, menjatuhkan harga diri, dan mencari keuntungan.

Untuk menghindari dari berita palsu atau hoaks bisa dengan cara waspada terhadap judul yang provokatif biasanya terdapat tanda seru yang banyak tujuannya untuk memancing orang mengakses berita, cermati sumber berita apakah dari sumber yang kredibel atau tidak, cek narasumber, dan periksa keaslian foto, menurut Iman Kurniawan, S.Psi sebagai Jusnalis Persatuan Wartawan Indonesia Rejang Lebong.

Cara aman di dunia digital antara lain, menghapus email, akun media sosial atau platform lainnya yang sudah jarang atau tidak terpakai lagi.

Agar lebih aman ketika ingin mencari informasi, kita bisa menggunakan mode samaran. Kalau di google chrome istilahnya “incognito”.

Halaman:

Editor: Redaksi IB

Tags

Terkini

Simpan Ganja, Warga Bengkulu dibekuk Polisi

Senin, 15 Agustus 2022 | 18:04 WIB

Truk muatan sawit tabrak tiang listrik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Tahukah olahraga Sambo dari negara mana?

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:21 WIB
X