Bukan Sekedar Berfoto, Infrastruktur Rusak yang Ditinjau Bupati Mian Ditindaklanjuti Melalui BTT Reguler

0
Bupati Mian bersama Kadis PUPR BU, Heru Susanto dan pejabat lainnya meninjau infrastruktur yang rusak di Arga Makmur. (Foto/ist)
Bupati Mian bersama Kadis PUPR BU, Heru Susanto dan pejabat lainnya meninjau infrastruktur yang rusak di Arga Makmur. (Foto/ist)

BENGKULU UTARA, IB – Sosok Bupati Ir. H. Mian bukan hanya dikenal dekat dengan masyarakat dan peduli. Namun ia juga peka terhadap keluhan rakyatnya terkait kerusakan infrastruktur akibat bencana alam dan lain sebagainya. Setiap ada infrastruktur yang rusak, Bupati Mian selalu meluangkan waktu untuk turun langsung meninjau ke lokasi. Dan dalam peninjauan itu, bupati yang bersahaja ini bukan sekedar foto-foto. Melainkan langsung mengupayakan perbaikan melalui dana BTT Reguler. Hal ini disampaikan Bupati Ir. H. Mian melalui Kepala Dinas PUPR Bengkulu Utara, Heru Susanto, ST, Selasa (28/7/2020).

“Kita kadang – kadang serba binggung. Jika kepala daerah tidak turun ke lapangan untuk meninjau keluhan warga terkait infrastruktur yang sudah rusak dianggapnya kepala daerah tidak peduli dengan keluhan warga. Begitu dilakukan peninjauan serta pengecekan lokasi secara langsung oleh kepala daerah dianggapnya pencitraan dan sekedar berfoto atau berselfi saja. Padahal kunjungan tersebut tentu tujuan utamanya untuk memprogramkan skala prioritas pembagunan itu sendiri,” ungkap Heru.

Lanjut Heru Susanto, perlu untuk diketahui seluruh masyarakat Bengkulu Utara kerusakan baik jalan maupun jembatan dan irigasi yang sudah ditinjau bupati Mian tentu akan ditindaklanjuti penanganannya melalui dana Belanja Tidak Terduga (BTT) reguler. Dan sekarang sedang dalam proses administrasi penunjukan rekanan.

“Kami tidak munafik ada beberapa titik infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan irigasi yang telah mengalami rusak yang cukup parah. Hal itu perlu adanya antisipasi penanganan cepat oleh pemerintah daerah. Namun untuk mengunakan uang negara atau daerah tentu ada mekanisme – mekanisme perhitungan dan aturannya. Khusus infrastruktur yang sudah ditinjau dan dikunjungi bapak bupati Mian, seperti gorong – gorong di belakang Dinas Perikanan Kecamatan Arga Makmur, tentu akan ditindaklanjuti penanganannya melalui dana Belanja Tidak Terduga (BTT) reguler. Sekarang sedang dalam proses administrasi penunjukan rekanan, untuk itu kami berharap semua pihak bisa bersabar untuk menunggu proses prosedur administrasi pelaksanaannya,” jelas Heru Susanto.

Ia menambahkan, keberhasilan pembagunan suatu daerah bukanlah semata – mata hanya upaya pemerintah daerah dalam hal ini Bupati, namun juga ada peran penting keterlibatan pihak anggota DPRD Bengkulu Utara, maupun pihak lainnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here