Bibit Sawit Unggul Bersubsidi untuk Petani Kecil

0
456
Kabid Budidaya Perkebunan Dinas Perkebunan Bengkulu Utara, Toto Nurdianto, Sp
Kabid Budidaya Perkebunan Dinas Perkebunan Bengkulu Utara, Toto Nurdianto, Sp

BENGKULU UTARA, inibengkulu.com – Pemkab Bengkulu Utara melalui Dinas Perkebunan membuat terobosan mengembangkan bibit sawit unggul bersubsidi. Kepada wartawan inibengkulu.com belum lama ini, Kabid Budidaya Perkebunan Dinas Perkebunan Bengkulu Utara, Toto Nurdianto, Sp memaparkan bahwa keinginan masyarakat untuk menanam sawit terbilang cukup tinggi. Namun masih terbentur masalah keuangan.

“Harga bibit kelapa sawit unggul sekarang sudah mencapai Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu per batang. Hal inilah yang membuat masyarakat berpikir dua kali untuk menanam sawit,” ungkapnya.

Berita terkini lainnya: 

Bersama-sama Lawan Terorisme!

Hampir Setahun di Lapas Arma, Begini Keadaan UJ Sang Napi Teroris

Karena itulah sebagai solusi, pemerintah membuat program pengembangan bibit kelapa sawit unggul bersubsidi. Lokasi pembibitan dipusatkan di Sesa Sukarami Kecamatan Air Padang dan akan mulai disalurkan ke masing-masing kelompok tani tahun 2019 mendatang.

“Dengan kalkulasi harga bibit umur 12 sampai 18 bulan dipatok harga Rp 20 ribu per batang, untuk umur 8 sampai 12 bulan Rp 15 ribu per batang maka kita yakin petani kita akan sangat terbantu dalam mengembangkan perkebunan mereka,” terang Tito.

Tak hanya kelapa sawit saja nantinya yang nantinya akan dikembangkan melainkan komoditas lain juga seperti pembibitan Karet dan Pala. Namun untuk tahun 2019 baru difokuskan pada pembibitan kelapa sawit karena sudah banyak kelompok tani yang mengajukan proposal untuk pembelian bibit kelapa sawit unggul bersubidi ini. (mur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here